-->

semua info tentang bisnis online, blog, software dan internet

Kamis, 10 Desember 2015

Lazada : Isi dan Kardus Beda Merk???

Disclaimer: Artikel ini hanya sekedar sharing pengalaman saya belanja di LAZADA. Tidak ada niat untuk menjatuhkan nama baik pihak manapun.

Intro

Beberapa minggu kemarin saya berbelanja produk dari situs belanja online terbesar di Indonesia – LAZADA. Produk yang saya beli adalah penghancur lemak / body slimmer. Setelah melakukan browsing pada beberapa situs belanja online yang lain, akhirnya saya memutuskan untuk memilih Lazada. Pertimbangan saya adalah pada beberapa situs belanja online yang lain menuliskan pada deskripsi produk, produk yang sudah dibeli tidak dapat dikembalikan apapun alasannya.
Anda bisa membaca artikel saya tentang fakta mengejutkan ini di
Oke, kembali ke topik! Saya memilih Lazada untuk produk body slimmer dengan merk IZEN dan toko “Kookala”. Lalu seperti biasa saya melanjutkan penyelesaian order dan saya memilih metode transaksi Cash On Delivery (COD).

Intermezzo

Kenapa saya memilih merk Izen? Begini, beberapa vendor di situs belanja online menuliskan dalam judul iklan mereka “XXX Body Slimmer Like Izen” (xxx menggantikan merk tiruan). Yang itu berarti “ xxx Body Slimmer Seperti Izen” dan saya menafsirkan bahwa produk-produk itu meniru Izen, sehingga Izen adalah merk yang pertama atau yang terbaik atau yang asli (saya tidak tahu pasti) namun karena dia ditiru maka saya berpikir merk ini adalah yang layak untuk dibeli – bukan imitasi.

Pesanan Sampai

Akhirnya pesanan saya sampai juga ke rumah saya, karena saat kurir datang saya tidak di rumah maka istri saya yang menerima pesanan tersebut. Sore hari ketika saya sampai di rumah, saya bergegas mengecek kondisi barang yang dikirimkan – istri saya tidak begitu kritis pada hal-hal seperti ini sehingga dia juga tidak berinisiatif untuk melakukan cek saat serah terima barang. Saya buka kemasan berwarna coklat dengan logo Lazada, ada packing Body Slimmer merk IZEN dalam sebuah kardus kecil (sama seperti gambar pada website). Lalu, saya buka kardus itu dan mengeluarkan unit body slimmer tersebut . . .

Ini merk dari mana?

Lazada : Isi dan Kardus Beda Merk

... dan saya mendapati merk “Benice”. Seketika saya langsung berpikir ini harus di retur, saya tidak terima, karena barang tidak sesuai deskripsi pada website. Masih saya diselimuti rasa kecewa, kaget, marah saya dikejutkan lagi dengan kondisi barang yang RETAK. Ya!! RETAK!! Sungguh pelayanan yang sangat mengecewakan jika dilihat dari sebuah situs belanja online terbesar yang iklannya di TV pun seolah tidak pernah libur (dana besar). Namun pelayanannya menurut saya masih jauh dari harapan.

Lazada : Isi dan Kardus Beda Merk

Solusi Pertama : Kurir

Saya kemudian minta no hp kurir ke istri saya – biasanya kurir Lazada akan menghubungi pembeli jika akan mengantarkan barang. Lalu saya diskusi dengan kurir tersebut via telepon dan dia bersedia untuk kembali menanggapi komplain kami. Beberapa waktu kemudian dia datang, saya pun menjelaskan dan menunjukkan bukti-buktinya. Saya meminta retur dana saat itu juga dan barang saya kembalikan sehingga transaksi di cancel saja. Namun, dia menjawab karena tadi bukti serah terima sudah ditanda tangani oleh istri saya, maka transakasi ini sudah dianggap selesai jika ada komplain silakan mengadukan ke pusat dulu. Untuk informasi saja, jika harus mengirim barang komplain ke pusat berarti :
saya harus mengirim barang itu ke Lazada pusat
lalu lazada pusat akan mengidentifikasi apakah komplain saya bisa diproses
jika ya, saya dapat memilih akan retur dana atau diganti dengan produk lain (ongkos kirim diganti oleh lazada
jika tidak, barang akan dikembalikan, namun ongkos kirim tetap ditanggung pembeli
dan itu membutuhkan waktu yang lama. Dan saya tidak mau solusi seperti itu. Akhirnya saya ngotot kepada kurir itu untuk tetap minta retur saat itu juga. Kenapa??
Analoginya, Anda sedang COD. Lalu barang Anda terima tidak sesuai dengan harapan Anda. Anda sebagai pembeli seharusnya memiliki hak untuk membatalkan transaksi saat itu juga. Kalau hal itu tidak bisa dilakukan lalu buat apa ada COD di Lazada.
Akhirnya karena saya tetap ngotot mas kurir itupun memberikan sebuah solusi alternatif.
Dia berkata “Untuk pengembalian dana yang Bapak minta itu, saya tidak punya otoritas untuk mengambil keputusan, saya hanya sebagai pengantar saja. Untuk komplain Bapak, nanti biar saya sampaikan ke leader saya. Ini saya foto dulu ya Pak, biar nanti leader saya juga tahu kondisi sebenarnya. Untuk sementara Bapak bisa mencoba menghubungi pihak Lazada pusat mengenai komplaan Bapak”
Saya pikir alasannya masuk akal juga sehingga saya mengiyakan saja usulannya.

Solusi kedua : Customer Service

Setelah itu saya mencoba menghubungi CS Lazada via chat online. Saya tidak perlu menjelaskan lebih jauh, silakan Anda baca rekaman percakapan saya dengan CS Lazada.

Live Chat
Saya:  Halo 311139976 merk yang dikirim bukan izen gmn? Bisa ga dikembalikan lewat kurir saja,, minta uang kembali,,
CS Lazada:  Hai selamat sore, selamat datang di layanan chat lazada.co.id dengan Bapak/Ibu siapa saya melakukan sesi chat ini
Saya:  Danu no order sudah saya tulis di atas
CS Lazada:  Baik Bapak Danu, disini menanyakan mekanisme pengembalian melalui kurir seperti itu ya?
Saya:  Iya bu,, tadi sudah konfirmasi kurirnya kalo emang bisa besok bisa transaksi lg uang dikembalikan
CS Lazada:  Baik Bapak Danu, kami akan melakukan pengecekan, mohon ditunggu
Saya:  Oke
CS Lazada:  Terima kasih telah menunggu
Kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Saat ini kami sedang dalam pemeliharaan sistem sehingga belum dapat melakukan pengecekan lebih lanjut. Silahkan kunjungi tautan lazada.co.id/order-status untuk pengecekan status pesanan terkini.
Saya:  Maksudnya gmn?
CS Lazada:  Untuk metode pembayaran yang dipilh oleh Bapak Danu apa ya?
Saya:  COD
CS Lazada:  Apakah Bapak Danu sudah melakukan pembayaran kepada pihak kurir kami?
Saya:  Sudah
CS Lazada:  Jasa pengiriman menggunakan Lazada Express atau pihak jasa pengiriman lainnya ya Pak?
Saya:  Lazada bu,, penjualnya kokaaka. Kalo tadi kurirnya orang lazada
CS Lazada:  Mohon maaf, Bapak Danu untuk perihal tersebut tidak dapat dilakukan. Apabila Bapak Danu ingin menukar atau mengembalikan produk, kami sarankan untuk menerima terlebih dahulu produk tersebut dan dapat mengirimkan ulang produk tersebut ke Gudang kami
Saya:  Tadi kurirnya bilang saya chat dulu dg lazada pusat bisa ga dikembalikan lagi lewat kurir, lgsg retur dana.. Kalo bisa besok kurirnya bisa datang lagi gitu
CS Lazada:  Namun, kami mohon maaf untuk perihal tersebut tidak dapat dilakukan Bapak
Untuk lebih jelasnya Bapak dapat dilihat dilazada.co.id/helpcenter/return...
Saya:  Ribet bgt ya. Jelas2 merknya beda.. Misal saya kirim ongkir diganti ga?
CS Lazada:  Kami mohon maaf atas kendalanya yang dialami Bapak Danu
Untuk mengirimkan kembali ke pihak Gudang kami akan ada penggantian biaya kirim selama Bapak Danu menggunakan pengiriman standar atau reguler, seperti itu Bapak
Saya:  Setelah itu bisa retur dana ga?
CS Lazada:  Bisa Bapak, baik apabila seperti itu kami akan bantu pengajuan pengembalian produk secara manual
Mohon Bapak mengisi data-data senagai berikut:
Exchange: Pengembalian produk/pengembalian dna/pengembalian Store Credit (pilih salah satu)
Alamat Email: 
Nomor Telepon: 
Nomor rekening: 
Bank: 
Cabang: 
Kota: 
Nama Pemegang Rekening: 
Nama Produk & SKU: 
Alasan Pengembalian: 
Keterangan Pengembalian (lengkap dan jelas): 
Comment/Remarks: replace
Kemudian mohon untuk mengirimkan produk ke gudang Lazada paling lambat adalah 7 hari kalender . Penghitungan dimulai dari tanggal cap pos pengembalian produk yang Bapak Danu lakukan.
Tim Pengembalian Barang Lazada 
LAZADA INDONESIA WAREHOUSE - PUNINAR LOGISTICS 
Jl. Inspeksi Kirana, Nagrak 
Cakung Drain - Cilincing 
Jakarta Utara 14120
Tempelkan stiker pengembalian barang pada bagian luar paket (bukan pada kemasan produk) dan kirimkan produk dengan jenis pengiriman reguler/standar menggunakan jasa pengiriman terpercaya, contoh JNE, RPX, First Logistics, TIKI dan lain sebagainya.
Apabila produk telah kami terima, maka akan dilanjutkan untuk proses pengecekan dari Tim Quality Control kami yang membutuhkan waktu 1-5 hari kerja. Pengecekan status pengembalian barang dapat diakses pada tautan lazada.co.id/order-tracking/
Informasi lebih lengkap mengenai kebijakan pengembalian barang dapat dilihat pada pranala lazada.co.id/helpcenter/return...
Saya:  Tolong lewat kurir saja jadi statusnya cancel.. Saya bisa kirim foto
Kalo begitu apa gunanya fitur COD buu
CS Lazada:  Mohon maaf Bapak Danu, perihal tersebut sudah menjadi kebijakan kami
Sehingga untuk mengembalikan barang melalui kurir kami tidak dapat dilakukan
Saya:  Oke, ada jaminan ga dari Ibu kalo permintaan saya disetujui? Kondisinya saya pesan merk izen, produk yang dikirm : kemasan izen ; isi merknya blueidea
Ini saya udah dpt email bahwa pesanan saya dibatalkan?
CS Lazada:  Kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Saat ini kami sedang dalam pemeliharaan sistem sehingga belum dapat melakukan pengecekan lebih lanjut. Silahkan kunjungi tautan lazada.co.id/order-status untuk pengecekan status pesanan terkini.
Ada lagi yang dapat kami bantu?
Saya:  Itu ga dijawab?
--
Sent from myMail app for Android

Kesimpulannya, CS tidak bisa mengabulkan permintaan saya. Tapi ada 1 kalimat yang paling menggangu
Kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Saat ini kami sedang dalam pemeliharaan sistem sehingga belum dapat melakukan pengecekan lebih lanjut. Silahkan kunjungi tautan lazada.co.id/order-status untuk pengecekan status pesanan terkini.
Kalo seperti itu ngapain ada CS ? Kalo kita disuruh langsung cek web-nya langsung??

CS Tidak Bisa, Tapi Kurir Kok Bisa?

Dan tiba-tiba saya mendapat sms dari mas kurir. Yang intinya permintaan untuk refund dana bisa dilakukan. Nanti malam dia akan datang lagi untuk menyerahkan dana saya dan mengambil barang. Dan begitulah akhirnya saya mendapatkan kembali uang saya malam itu juga.

Ending

Sebenarnya secara materi saya juga tidak dirugikan dalam kasus di atas. Namun, mungkin sharing ini bisa menjadi pelajaran untuk Anda supaya lebih berhati-hati dalam melakukan belanja online. Nama besar ternyata tidak jaminan untuk memberikan pelayanan yang memuaskan.
Lalu yang kedua, solusi yang saya dapatkan tadi adalah karena kebaikan hati dari mas kurir dan leadernya. Karena dari pihak Lazada sendiri tidak bisa memberikan solusi. “Masa barang rusak dan palsu di CANCEL tidak bisa?” Harus mengikuti prosedur a, b, c . . .  RIBET!!!
Terimakasih mas kuris dan leadernya. Semoga kebaikan kalian dapat menular keseluruh Lazada dan situs jual beli online lainnya.

Anda punya pengalaman lain? Pendapat? Sanggahan? Silakan berkomentar dengan santun...:)


Lazada : Isi dan Kardus Beda Merk??? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: D.Priyanto

4 komentar:

  1. dulu saya juga pernah pak mengembalikan sepatu ke lazada karena ukuran tidak pas, memang aga ribet karena harus mengisi form pengembalian dan hrs kirim barangnya ke kurir, namun akhirnya proses berjalan lancar waktu itu saya pakai tiki krn itu yg paling dekat rmh dan ga bgtu rame, utk mengembalikannya dan uang ongkirnya di tanggung lazada dengan cara kirim foto nota resi tiki ke email cs lazada, saya lupa apa emailnya bs di lihat di website lazada dan juga isi data diri sedikit dan nomer data rek kita. sekian pengalaman saya terima kasih

    BalasHapus
  2. Lazada kurang selektif dalam menerima rekanan. saya beli batik lewat lazada dengan harga Rp 99900,-. Ternyata, saya dapat barang rusak. Alamat tujuan saya adalah ke pabrik tempat saya kerja. Saya teliti lagi mitra lazada tersebut sudah bangkrut. ujung2nya app lazada saya cabut dari hp saya.

    BalasHapus
  3. kalo untuk tokopedia bisa dilihat fotonya hasil editan atau foto langsung. saya beli software windows 8 dan office 2013 yang katanya ori. eh, ternyata memang ori. tokopedia walau kurang terkenal, tapi masih saya akui ok. saya gak pernah ditipu oleh penjual di tokopedia. walau murah, tapi ok sesuai pesanan.

    BalasHapus
  4. Nice info gan keep sharing, semoga para penjual semakin jujur,, menuju Indonesia belanja online aman :)

    BalasHapus