Dalam SEO pemilihan judul untuk sesuai dengan kata kunci sangat
penting. Namun terkadang hal ini justru malah menjerumuskan artikel
ke rangking yang tidak kita inginkan. Mungkin karena sudah banyak
blogger lain yang menggunakan judul tersebut, sehingga artikel yang
kita buat menjadi kalah dalam SERP.
Sebelum Anda melanjutkan, mungkin Anda perlu membaca dulu:
5 Cara Unik Optimasi Bounce Rate
Bounce Rate: Trik SEO Yang Sering Dilupakan
Selain memasukkan kata kunci dalam judul. Kita juga harus membuat
judul yang persuasif, artinya ketika pengunjung membaca judul itu
timbul niat klik untuk membaca artikel itu secara lengkap. Atau bisa
dibilang membuat judul yang membuat orang penasaran, memancing rasa
ingin tahu pengunjung.
Hal ini penting mengingat persaingan untuk dapat menduduki posisi
pertama google menjadi semakin sulit. Sehingga ini pemilihan kata
dalam judul artikel merupakan alternatif SEO yang bisa kita
implementasikan dalam blogging.
Dampak Pemilihan Judul Pada Minat Baca Pengunjung
Dari sebuah survey diketahui bahwa
- 8 dari 10 pengunjung akan membaca judul artikel Anda
- hanya 2 dari 10 orang akan membaca seluruh artikel (setelah membaca judulnya)
- penulis wajib memberikan separuh waktu menulisnya hanya untuk membuat judul yang sempurna
Ilustrasi di atas bisa menjadi inspirasi Anda bahwa memang pemilihan
kata dalam membuat judul post itu tidak bisa dipandang sebalah
mata. Headline yang sangat sederhana akan memberikan image yang
sederhana terhadap artikel.
Contoh :
Judul sebelum dioptimasi:
“ Cara
Menjual Rumah Anda “
Apa yang ada dalam pikiran Anda? Apa yang Anda rasakan....
...
...
...
Lanjutkan, setelah dioptimasi :
“Cara Mudah
Menjual Rumah Anda Hanya Dalam 1 Hari”
Apa yang Anda rasakan? Adakah penasaran, ingin tahu dan sebagainya
muncul di benak Anda??
Itulah yang saya maksud HEADLINE YANG PERSUASIF!!
Lalu bagaimana cara membuat judul post yang persuasif?
Kata persuasif berarti bersifat mengajak. Ini berarti tips berikut
lebih menekankan pada permainan emosi pembaca, bagaimana dengan
melihat judul saja pembaca diajak untuk merasa penasaran, ingin tahu,
nyaman dan sebagainya yang semaksimal mungkin berujung pada action
klik dan membaca keseluruhan artikel.
Oke, langsung saja:
Max 65 karakter dan terdiri dari 6 kata
Judul harus dibuat sesingkat mungkin namun tetap harus bisa menampung poin penting yang ingin kita tawarkan pada pembaca.- Maksimal 65 karakter : karena dalam hasil pencarian, karakter yang terbaca hanya 65 digit
- 6 kata : judul yang ideal memiliki 6 kata.
Pengunjung membaca hanya 3 kata awal dan akhir.Semakin sedikit yang dibaca semakin besar kesempatan menarik perhatian.Contoh:“Is Planning Meals Good or Bad”Catatan: untuk poin 1 ini tidak mutlak Anda gunakan karena mungkin ada kata-kata bahasa Indonesia yang harus digunakan menggunakan kata “yang”, “dengan” dsb yang tidak ada pada bahasa Inggris.Misal : effortlessly -> tanpa usaha -> dengan mudah . . .Namun untuk JUMLAH KARAKTER MAKSIMAL JUDUL 65, itu lebih PRIORITAS.Tampilkan avatar (foto Anda) disamping judul
- Artikel Anda lebih dianggap bisa dipertanggungjawabkan dengan memasang foto Anda disamping judul
- Lebih menarik perhatian : pembaca merasa seperti Anda-lah yang berbicara langsung kepada mereka
-
Selalu sisipkan kata sifat yang menarik
- mudah
- cepat
- ampuh
- jitu
- terbaru
- dahsyat
- super
Ini akan membuat rasa penasaran pengunjung semakin besar.
Gunakan kata negatif
Kata negatif : “STOP”, JANGAN”, “TANPA”, “TIDAK”, “DILARANG” dan lain-lain.- Kata negatif membuat orang merasakan ada ketidakamanan sehingga memaksa mereka untuk melihat isi artikel untuk mengantisipasi rasa tidak aman tersebut.
- Kata negatif membuat lebih banyak share. Orang senang mengingatkan orang lain tentang sesuatu yang berupa larangan. Kenapa? Karena larangan akan didefinisikan otak kita bahwa akan ada hukuman (punishment) jika dilanggar dan orang selalu menghindari punishment. Logikanya seperti itu, ini bisa menjadi ladang backlink untuk kita.
Misal :
“Gunakan Helm Saat Berkendara” bandingkan dengan
“Dilarang Berkendara Tanpa Helm”
Aturan no 2 terasa lebih “menggigit” kan??- Tambahkan opini AndaAnda bisa menambahkan opini Anda tanpa mengurangi atau membelokkan poin artikel Anda.Misalnya:“7 Tempat Wisata Di Jogja – No 2 Tak Terlupakan”Ini bisa menambah rasa penasaran pembaca, untuk mengetahui tempat wisata apa yang ada di no.2? Dengan demikian pembaca mau tidak mau akan membuka halaman artikel Anda = PAGE VIEW!!
- Gunakan angkaOrang suka dengan sesuatu yang praktis, efisien, ringkas jelas.
- Dengan mencantumkan angka, membuat artikel Anda lebih lugas dan praktis
- Semakin besar angka, semakin besar ketertarikan orang
- Gunakan angka “1, 2, 3, dst...” bukan huruf “satu, dua, tiga dst...”
Setelah semua tips di atas Anda pahami, Anda bisa mencoba membuat
judul arikel yang super PERSUASIF. Namun, jangan khawatir jika semua
komponen di atas tidak bisa Anda implementasikan semuanya dalam 1
judul, tidak ada keharusan untuk menerapkan semua tips di atas.
Kombinasikan, rasakan, perbaiki dan publish!!!
Formula Membuat Judul Artikel Yang Persuasif
Dari 6 tips untuk membuat judul artikel yang persuasif di atas bisa
di sederhanakan menjadi sebuah formula judul artikel.
Angka atau kata pancingan + kata sifat + kata kunci + janji atau pembeda
Mari kita bahas contoh berikut:
Judul
awal “ Cara Menjual Rumah “
dioptimasi menjadi
“Cara Anda
Bisa Mudah Menjual Rumah Hanya Dalam 1 Hari”
angka atau kata pancingan : cara anda bisa
kata sifat : mudah
kata kunci : menjual rumah
janji atau pembeda : hanya dalam 1 hari
atau
“5 Langkah
Mudah Menjual Rumah Untuk Pemula”
angka atau kata pancingan : 5 langkah
kata sifat : mudah
kata kunci : menjual rumah
janji atau pembeda : untuk pemula
Semakin sering Anda berlatih maka akan semakin bagus kombinasi kata
yang Anda pilih. Anda bisa mencari referensi blog-blog besar dengan
menganalisa judul-judul artikel mereka. Walaupun mungkin mereka tidak
mengunakan formula di atas namun, kombinasinya pasti tidak beda jauh
dengan formula di atas.
Mengapa Judul Artikel Bisa Dikatakan GAGAL??
- tidak sesuai dengan konten
- tidak spesifik - “5 Cara Sukses Dalam Karir”Karir apa? Sukses bagaimana? Berapa lama? Mungkin informasi ini lebih dibutuhkan daripada hanya menuliskan judul seperti di atas.
- pemilihan kata rancu (memiliki kemungkinan berarti ganda) “3 Trik Jitu Dalam Melamar”Melamar pekerjaan atau melamar wanita???
Semua tips pemilihan kata dalam membuat judul yang persuasif memang
penting, namun semua kembali pada sense kita untuk merasakan judul
tersebut apakah sudah menarik atau belum.
Selamat berkarya!!!
0 komentar:
Posting Komentar