-->

semua info tentang bisnis online, blog, software dan internet

Kamis, 10 Desember 2015

Cara Mudah Pastikan Barang Sesuai Gambar (Belanja Online)

Belanja online sudah menjadi trend baru masyarakat kita. Dari yang dulu masih takut untuk belanja online, kini mereka sudah mulai membuka diri pada kegiatan yang satu ini. Yah! Belanja online seperti sebuah dinamika baru dalam perekonomian kita saat ini.

Hal ini tentu saja sangat disambut gembira oleh pelaku bisnis online, terutama para penjual online yang tentu saja mengalami peningkatan omset dan juga perkembangan bisnis mereka kini semakin pesat. Selain itu, jasa pengiriman barang juga salah satu pihak yang diuntungkan, karena dalam jual beli online penjual dan pembeli tidak di tempat yang sama, mereka bisa saja berbeda kota, propinsi, pulau bahkan negara sehingga perlu adanya jasa pengiriman barang. Namun, dibalik itu semua pasti juga ada sisi negatifnya, antara lain persaingan jual beli online menjadi sangat ketat dan berat, banyak bermunculan toko online yang tidak bertanggung jawab (penipu), kuaitas produk dikesampingkan – karena pembeli hanya bisa melihat produk dari foto saja dan sebagainya.

cara pastikan barang sesuai pesanan


Nah, kali ini saya akan berusaha menyajikan tips untuk memastikan barang yang Anda terima sesuai dengan foto yang terpajang di website.

1. Pilih toko online/situs belanja online yang terpercaya

Ini menjadi salah satu poin penting untuk semua kegiatan transaksi online. Kepercayaan menjadi modal utama dalam transaksi online. Beberapa kriteria toko online yang terpercaya:
Desain website terlihat profesional
Rekening bank sudah atas nama perusahaan (bukan atas nama pribadi/individu)
Nama domain biasanya bukan kata kunci (KOD=Keyword On Domain). Contoh: toko yang menjual kain sobek, nama webnya kainsobek.com
Berani iklan di TV nasional
Ada layanan customr service
Ada no telp yang bisa dihubungi
Alamat kantor real
Testimoni baik

2. Bandingkan harga dengan situs lain / vendor lain

Biasanya dalam 1 situs belanja online ada beberapa vendor yang menawarkan produk yang sama dengan harga yang berbeda. Hal ini bisa jadi karena vendor yang menjual dengan harga lebih mahal itu hanya dropshipper dari vendor utama (tangan pertama). Namun jika harga yang ditawarkan jauh dibawah harga rata-rata vendor maka Anda perlu waspada. Bisa jadi produk yang dikirim memiliki kualitas yang jauh di bawah pesaingnya. Yakinlah ada harga ada rupa.

3. Usahakan pilih metode transaksi COD (Cash On Delivery)

Ini adalah langkah paling VITAL. Karena ini merupakan pertahanan diri Anda yang terakhir. Jika Anda bisa memilih metode ini maka gunakanlah.
Yang perlu diperhatikan saat COD adalah “JANGAN PERNAH MENANDATANGANI BUKTI SERAH TERIMA SEBELUM ANDA MEMASTIKAN KONDISI BARANG SESUAI DENGAN PESANAN”
Karena dalam beberapa kasus jika Anda sudah tanda tangan berarti transaksi sudah selesai dan jika ternyata kondisi barang tidak sesuai maka Anda harus melakukan penukaran barang sesuai prosedur yang berbelit-belit.
Lihat contoh kasus : Belanja Di Lazada Isi dan Kardus Beda Merk??

Tips tambahan:

4. Jangan belanja produk yang tidak bisa dinilai dari foto saja

Misalnya:
Handphone -> karena Anda harus cek software dan aplikasi yang tidak mungkin bisa Anda lakukan hanya dengan melihat foto.
Laptop -> hampir sama seperti handphone, Anda juga wajib cek softwarenya dan hardwarenya bukan kondisi fisik saja.
Dll.

5. Gunakan jasa pengiriman yang terpercaya

Hal ini juga penting namun biasanya, kasus yang terjadi adalah ulah oknum jasa pengiriman, bukan dari instansi pengiriman itu sendiri. Kasus yang pernah terjadi adalah barang yang dikirim isinya diganti dengan produk KW/barang lain yang intinya tidak sesuai dengan pesanan Anda.
Demikian beberapa tips belanja online aman yang bisa saya share. Mudah-mudahan belanja online semakin aman dan semakin baik pelayanannya.
Anda punya pengalaman lain? Tidak setuju? Ada yang kurang jelas? Silakan berkomentar dengan bijak dan santun... :)

Cara Mudah Pastikan Barang Sesuai Gambar (Belanja Online) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: D.Priyanto

0 komentar:

Posting Komentar