Disclaimer:
Artikel ini hanya sekedar sharing pengalaman saya belanja di LAZADA. Tidak ada
niat untuk menjatuhkan nama baik pihak manapun.
Intro
Beberapa minggu
kemarin saya berbelanja produk dari situs belanja online terbesar di Indonesia
– LAZADA. Produk yang saya beli adalah penghancur lemak / body slimmer. Setelah
melakukan browsing pada beberapa situs belanja online yang lain, akhirnya saya
memutuskan untuk memilih Lazada. Pertimbangan saya adalah pada beberapa situs
belanja online yang lain menuliskan pada deskripsi produk, produk yang sudah
dibeli tidak dapat dikembalikan apapun alasannya.
Anda bisa membaca
artikel saya tentang fakta mengejutkan ini di
Oke, kembali ke
topik! Saya memilih Lazada untuk produk body slimmer dengan merk IZEN dan toko
“Kookala”. Lalu seperti biasa saya melanjutkan penyelesaian order dan saya
memilih metode transaksi Cash On Delivery (COD).
Intermezzo
Kenapa saya
memilih merk Izen? Begini, beberapa vendor di situs belanja online menuliskan
dalam judul iklan mereka “XXX Body Slimmer Like Izen” (xxx menggantikan merk
tiruan). Yang itu berarti “ xxx Body Slimmer Seperti Izen” dan saya menafsirkan
bahwa produk-produk itu meniru Izen, sehingga Izen adalah merk yang pertama
atau yang terbaik atau yang asli (saya tidak tahu pasti) namun karena dia
ditiru maka saya berpikir merk ini adalah yang layak untuk dibeli – bukan
imitasi.
Pesanan Sampai
Akhirnya pesanan
saya sampai juga ke rumah saya, karena saat kurir datang saya tidak di rumah
maka istri saya yang menerima pesanan tersebut. Sore hari ketika saya sampai di
rumah, saya bergegas mengecek kondisi barang yang dikirimkan – istri saya tidak
begitu kritis pada hal-hal seperti ini sehingga dia juga tidak berinisiatif
untuk melakukan cek saat serah terima barang. Saya buka kemasan berwarna coklat
dengan logo Lazada, ada packing Body Slimmer merk IZEN dalam sebuah kardus
kecil (sama seperti gambar pada website). Lalu, saya buka kardus itu dan
mengeluarkan unit body slimmer tersebut . . .
Ini merk dari mana?
... dan saya mendapati merk “Benice”. Seketika saya langsung berpikir ini harus di retur, saya tidak terima, karena barang tidak sesuai deskripsi pada website. Masih saya diselimuti rasa kecewa, kaget, marah saya dikejutkan lagi dengan kondisi barang yang RETAK. Ya!! RETAK!! Sungguh pelayanan yang sangat mengecewakan jika dilihat dari sebuah situs belanja online terbesar yang iklannya di TV pun seolah tidak pernah libur (dana besar). Namun pelayanannya menurut saya masih jauh dari harapan.
Solusi Pertama : Kurir
Saya kemudian
minta no hp kurir ke istri saya – biasanya kurir Lazada akan menghubungi
pembeli jika akan mengantarkan barang. Lalu saya diskusi dengan kurir tersebut
via telepon dan dia bersedia untuk kembali menanggapi komplain kami. Beberapa
waktu kemudian dia datang, saya pun menjelaskan dan menunjukkan bukti-buktinya.
Saya meminta retur dana saat itu juga dan barang saya kembalikan sehingga transaksi
di cancel saja. Namun, dia menjawab karena tadi bukti serah terima sudah
ditanda tangani oleh istri saya, maka transakasi ini sudah dianggap selesai
jika ada komplain silakan mengadukan ke pusat dulu. Untuk informasi saja, jika
harus mengirim barang komplain ke pusat berarti :
saya harus
mengirim barang itu ke Lazada pusat
lalu lazada pusat
akan mengidentifikasi apakah komplain saya bisa diproses
jika ya, saya
dapat memilih akan retur dana atau diganti dengan produk lain (ongkos kirim
diganti oleh lazada
jika tidak,
barang akan dikembalikan, namun ongkos kirim tetap ditanggung pembeli
dan itu
membutuhkan waktu yang lama. Dan saya tidak mau solusi seperti itu. Akhirnya
saya ngotot kepada kurir itu untuk tetap minta retur saat itu juga. Kenapa??
Analoginya, Anda
sedang COD. Lalu barang Anda terima tidak sesuai dengan harapan Anda. Anda
sebagai pembeli seharusnya memiliki hak untuk membatalkan transaksi saat itu
juga. Kalau hal itu tidak bisa dilakukan lalu buat apa ada COD di Lazada.
Akhirnya karena
saya tetap ngotot mas kurir itupun memberikan sebuah solusi alternatif.
Dia berkata
“Untuk pengembalian dana yang Bapak minta itu, saya tidak punya otoritas untuk
mengambil keputusan, saya hanya sebagai pengantar saja. Untuk komplain Bapak,
nanti biar saya sampaikan ke leader saya. Ini saya foto dulu ya Pak, biar nanti
leader saya juga tahu kondisi sebenarnya. Untuk sementara Bapak bisa mencoba
menghubungi pihak Lazada pusat mengenai komplaan Bapak”
Saya pikir
alasannya masuk akal juga sehingga saya mengiyakan saja usulannya.
Solusi kedua : Customer Service
Setelah itu saya
mencoba menghubungi CS Lazada via chat online. Saya tidak perlu menjelaskan
lebih jauh, silakan Anda baca rekaman percakapan saya dengan CS Lazada.
Live Chat
Saya: Halo
311139976 merk yang dikirim bukan izen gmn? Bisa ga dikembalikan lewat kurir saja,, minta uang
kembali,,
CS Lazada: Hai
selamat sore, selamat datang di layanan chat lazada.co.id dengan
Bapak/Ibu siapa saya melakukan sesi chat ini
Saya: Danu
no order sudah saya tulis di atas
CS Lazada: Baik
Bapak Danu, disini menanyakan mekanisme pengembalian melalui kurir seperti itu
ya?
Saya: Iya
bu,, tadi sudah konfirmasi kurirnya kalo emang bisa besok bisa transaksi lg
uang dikembalikan
CS Lazada: Baik
Bapak Danu, kami akan melakukan pengecekan, mohon ditunggu
Saya: Oke
CS Lazada: Terima
kasih telah menunggu
Kami mohon maaf
atas ketidaknyamanannya. Saat ini kami sedang dalam pemeliharaan sistem
sehingga belum dapat melakukan pengecekan lebih lanjut. Silahkan kunjungi
tautan lazada.co.id/order-status untuk pengecekan status pesanan
terkini.
Saya: Maksudnya
gmn?
CS Lazada: Untuk
metode pembayaran yang dipilh oleh Bapak Danu apa ya?
Saya: COD
CS Lazada: Apakah
Bapak Danu sudah melakukan pembayaran kepada pihak kurir kami?
Saya: Sudah
CS Lazada: Jasa
pengiriman menggunakan Lazada Express atau pihak jasa pengiriman lainnya ya
Pak?
Saya: Lazada
bu,, penjualnya kokaaka. Kalo
tadi kurirnya orang lazada
CS Lazada: Mohon
maaf, Bapak Danu untuk perihal tersebut tidak dapat dilakukan. Apabila Bapak Danu ingin menukar atau mengembalikan
produk, kami sarankan untuk menerima terlebih dahulu produk tersebut dan dapat
mengirimkan ulang produk tersebut ke Gudang kami
Saya: Tadi
kurirnya bilang saya chat dulu dg lazada pusat bisa ga dikembalikan lagi lewat
kurir, lgsg retur dana.. Kalo bisa besok kurirnya bisa datang lagi gitu
CS Lazada: Namun,
kami mohon maaf untuk perihal tersebut tidak dapat dilakukan Bapak
Untuk lebih
jelasnya Bapak dapat dilihat dilazada.co.id/helpcenter/return...
Saya: Ribet
bgt ya. Jelas2 merknya beda.. Misal saya kirim ongkir diganti ga?
CS Lazada: Kami
mohon maaf atas kendalanya yang dialami Bapak Danu
Untuk mengirimkan
kembali ke pihak Gudang kami akan ada penggantian biaya kirim selama Bapak Danu
menggunakan pengiriman standar atau reguler, seperti itu Bapak
Saya: Setelah
itu bisa retur dana ga?
CS Lazada: Bisa
Bapak, baik apabila seperti itu kami akan bantu pengajuan pengembalian produk
secara manual
Mohon Bapak
mengisi data-data senagai berikut:
Exchange:
Pengembalian produk/pengembalian dna/pengembalian Store Credit (pilih salah
satu)
Alamat
Email:
Nomor
Telepon:
Nomor
rekening:
Bank:
Cabang:
Kota:
Nama Pemegang
Rekening:
Nama Produk &
SKU:
Alasan
Pengembalian:
Keterangan
Pengembalian (lengkap dan jelas):
Comment/Remarks:
replace
Kemudian mohon
untuk mengirimkan produk ke gudang Lazada paling lambat adalah 7 hari kalender
. Penghitungan dimulai dari tanggal cap pos pengembalian produk yang Bapak Danu
lakukan.
Tim Pengembalian
Barang Lazada
LAZADA INDONESIA
WAREHOUSE - PUNINAR LOGISTICS
Jl. Inspeksi
Kirana, Nagrak
Cakung Drain -
Cilincing
Jakarta Utara
14120
Tempelkan stiker
pengembalian barang pada bagian luar paket (bukan pada kemasan produk) dan
kirimkan produk dengan jenis pengiriman reguler/standar menggunakan jasa
pengiriman terpercaya, contoh JNE, RPX, First Logistics, TIKI dan lain
sebagainya.
Apabila produk
telah kami terima, maka akan dilanjutkan untuk proses pengecekan dari Tim
Quality Control kami yang membutuhkan waktu 1-5 hari kerja. Pengecekan status
pengembalian barang dapat diakses pada tautan lazada.co.id/order-tracking/
Informasi lebih
lengkap mengenai kebijakan pengembalian barang dapat dilihat pada
pranala lazada.co.id/helpcenter/return...
Saya: Tolong
lewat kurir saja jadi statusnya cancel.. Saya bisa kirim foto
Kalo begitu apa
gunanya fitur COD buu
CS Lazada: Mohon maaf Bapak Danu, perihal tersebut sudah
menjadi kebijakan kami
Sehingga untuk
mengembalikan barang melalui kurir kami tidak dapat dilakukan
Saya: Oke,
ada jaminan ga dari Ibu kalo permintaan saya disetujui? Kondisinya saya pesan
merk izen, produk yang dikirm : kemasan izen ; isi merknya blueidea
Ini saya udah dpt
email bahwa pesanan saya dibatalkan?
CS Lazada: Kami
mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Saat ini kami sedang dalam pemeliharaan
sistem sehingga belum dapat melakukan pengecekan lebih lanjut. Silahkan
kunjungi tautan lazada.co.id/order-status untuk pengecekan status
pesanan terkini.
Ada lagi yang
dapat kami bantu?
Saya: Itu
ga dijawab?
--
Sent from myMail
app for Android
Kesimpulannya, CS
tidak bisa mengabulkan permintaan saya. Tapi ada 1 kalimat yang paling menggangu
“Kami mohon maaf
atas ketidaknyamanannya. Saat ini kami sedang dalam pemeliharaan sistem
sehingga belum dapat melakukan pengecekan lebih lanjut. Silahkan kunjungi
tautan lazada.co.id/order-status untuk pengecekan status pesanan
terkini.”
Kalo seperti itu ngapain ada CS ? Kalo kita disuruh langsung
cek web-nya langsung??
CS Tidak Bisa, Tapi Kurir Kok Bisa?
Dan tiba-tiba
saya mendapat sms dari mas kurir. Yang intinya permintaan untuk refund dana
bisa dilakukan. Nanti malam dia akan datang lagi untuk menyerahkan dana saya
dan mengambil barang. Dan begitulah akhirnya saya mendapatkan kembali uang saya
malam itu juga.
Ending
Sebenarnya secara
materi saya juga tidak dirugikan dalam kasus di atas. Namun, mungkin sharing
ini bisa menjadi pelajaran untuk Anda supaya lebih berhati-hati dalam melakukan
belanja online. Nama besar ternyata tidak jaminan untuk memberikan pelayanan yang
memuaskan.
Lalu yang kedua,
solusi yang saya dapatkan tadi adalah karena kebaikan hati dari mas kurir dan
leadernya. Karena dari pihak Lazada sendiri tidak bisa memberikan solusi. “Masa
barang rusak dan palsu di CANCEL tidak bisa?” Harus mengikuti prosedur a, b, c
. . . RIBET!!!
Terimakasih mas
kuris dan leadernya. Semoga kebaikan kalian dapat menular keseluruh Lazada dan
situs jual beli online lainnya.
Anda punya
pengalaman lain? Pendapat? Sanggahan? Silakan berkomentar dengan santun...:)
dulu saya juga pernah pak mengembalikan sepatu ke lazada karena ukuran tidak pas, memang aga ribet karena harus mengisi form pengembalian dan hrs kirim barangnya ke kurir, namun akhirnya proses berjalan lancar waktu itu saya pakai tiki krn itu yg paling dekat rmh dan ga bgtu rame, utk mengembalikannya dan uang ongkirnya di tanggung lazada dengan cara kirim foto nota resi tiki ke email cs lazada, saya lupa apa emailnya bs di lihat di website lazada dan juga isi data diri sedikit dan nomer data rek kita. sekian pengalaman saya terima kasih
BalasHapusLazada kurang selektif dalam menerima rekanan. saya beli batik lewat lazada dengan harga Rp 99900,-. Ternyata, saya dapat barang rusak. Alamat tujuan saya adalah ke pabrik tempat saya kerja. Saya teliti lagi mitra lazada tersebut sudah bangkrut. ujung2nya app lazada saya cabut dari hp saya.
BalasHapuskalo untuk tokopedia bisa dilihat fotonya hasil editan atau foto langsung. saya beli software windows 8 dan office 2013 yang katanya ori. eh, ternyata memang ori. tokopedia walau kurang terkenal, tapi masih saya akui ok. saya gak pernah ditipu oleh penjual di tokopedia. walau murah, tapi ok sesuai pesanan.
BalasHapusNice info gan keep sharing, semoga para penjual semakin jujur,, menuju Indonesia belanja online aman :)
BalasHapus