INTRO
Beberapa hari yang
lalu saya membeli berniat membeli jaket dari Tokopedia, kemudian
setelah saya browsing-browsing akhirnya saya menemukan 1 produk dari
toko yang sudah terpercaya. Parameter saya menilai toko itu dan
produk tersebut bagus adalah dengan melihat review, jumlah penjualan
dan poin dari toko tersebut. Setelah saya yakin saya pun langsung
melakukan transaksi.
EKSPEKTASI PEMBELI
Sebagai pembeli
jual beli online tidak salah rasanya jika ekspektasi kita terhadap
produk yang dikirim adalah sama persis dengan gambar yang dipajang di
toko online tersebut. Baik itu dari segi material, model, warna,
ukuran, detail dan sebagainya. Ibarat kita membeli baju di toko
offline, saat kita melihat baju yang bagus dan berminat membelinya,
kita bwaa baju tersebut ke kasir kemudian kita bayar, dan kita sudah
menerima baju tersebut terbungkus kantong plastik. Saat sampai di
rumah kita buka bungkusan, apakah mungkin jika ada perbedaan antara
baju yang tadi kita lihat dengan baju yang kita terima? Apa
ekspektasi kita akan baju yang terbungkus tadi? Pastilah ekspektasi
kita adalah baju yang kita beli sama dengan baju yang tadi kita lihat
saat memilih-pilih baju. Jadi, wajar rasanya jika kasus tersebut
dianalogikan ke dalam kasus toko online. Pembeli akan selalu
berekspektasi bahwa barang yang dikirim harus sama dengan gambar yang
dipasang di toko.
Namun, beberapa
penjual berbuat curang dengan memajang gambar yang lebih bagus hanya
untuk menarik perhatian dan minat beli pengunjung. Dan ketika
pengunjung akhirnya memutuskan untuk membeli dan kecewa denagn
kualitas barang yang datang. Saat komplain atau memberikan review
yang jelek kepada penjual, penjual dengan enteng menjawab “sesuaikan
ekspektasi dengan harga”
HALOOO!!! Yah,
kenapa penjual ga sesuaikan gambar dengan produk??
SARAN UNTUK TOKOPEDIA
Saya pernah
mengajukan saran ke pihak Tokopedia, bagaimana jika semua penjual
harus menampilkan foto produk sesuai dengan kondisi produk yang
dijual sehingga tidak mengaburkan penilaian pembeli terhadap produk
yang diminati.
Namun, kembali
lagi Tokopedia hanya menjawab bahwa mereka sudah meminta penjual
untuk menjelaskan deskripsi produk sedetail mungkin, namun
masing-masing toko memiliki kebijakan tersendiri untuk mengelola toko
mereka. Jika ada komplain silakan masuk ke Pusat Resolusi.
PESANAN SAYA
Pesanan sayapun
akhirnya datang, model sama, warna agak berbeda, bahan jauh berbeda.
Dan saya sungguh merasa kecewa dengan toko ini. Saya pun memberi
review buruk kepada toko ini, dengan harapan bahwa nanti ornag ynag
membaca review saya tidak lagi berminat membeli produk yang saya
beli.
Lebih baik
memberikan review yang jujur dari pada hanya akan menjerumuskan calon
pembeli lain.
BUAT PARA PENJUAL/TOKO
Jika memang produk
yang kalian jual tidak sebagus gambar yang kalian pajang,
“PLEASE NOTE IT!! BE GENTLE AND HONEST!!“
Dan jika ada review buruk dari pembeli, itu adalah bentuk kekecewaan
mereka atas pelayanan Anda. Jadi, jangan marah jika ada yang
memberikan review buruk kalo memang Anda merasa tidak jujur.
Mungkin Anda perlu membaca : Persaingan Toko Online Se Indonesia
Mungkin Anda perlu membaca : Persaingan Toko Online Se Indonesia
HATI-HATI
DESKRIPSI BARANG MENJEBAK
Bila Anda ingin membeli barang di Tokopedia, perhatikan deskripsi
barang dengan sangat teliti, karena hal ini sering dimanfaatkan
pembeli untuk mengambil keuntungan dari ketidaktelitian Anda.
Maksudnya, ada beberapa penjual yang membuat deskripsi semacam ini
BARANG YANG YANG SUDAH DIBELI TIDAK DAPAT DIKEMBALIKAN
TIDAK ADA GARANSI, NO KOMPLIAN, NO RETUR
JIKA ANDA MEMBELI DI TOKO KAMI BERARTI ANDA SUDAH MENYETUJUI PERSYARATAN DI ATAS
JIKA ANDA RAGU LEBIH BAIK TIDAK USAH BELI
GILAKAN???
Bagaimana mungkin ini disebut profesional? Dan yang lebih celaka
lagi, bahwa Tokopedia juga merestui kata-kata tersebut. Artinya, jika
calon pembeli membeli produk yang mencantumkan deskripsi seperti di
atas maka, Tokopedia tidak akan menerima komplain dari pembeli.
Kesimpulannya:
JANGAN BELI PRODUK YANG MENCANTUMKAN DESKRIPSI NO RETUR,NO KOMPLAIN DAN SEBAGAINYA!!!
TIPS
Untuk terhindar
dari kasus perbedaan produk dengan gambar:
- Lihat reviewCari kontak orang yang memberikan review yang terlihat natural, jangan terlalu jelek jangan terlalu bagus. Kirim pesan pribadi ke orang tersebut, minta untuk mendeskripsikan barang yang dia terima dengan yang digambar apakah sama? Biasanya mereka akan dengan senang hati membatu Anda.
- Lihat histori tokoPoin, reputasi dan lain-lain
- Lihat pesaingJika semua pesaing produk yang sama memberikan harga yang tinggi dan hanya toko ini yang memberikan harga yang murah, maka Anda perlu waspada.
- Jumlah penjualanDengan jumlah penjualan semakin banyak bisa menjadi salah satu indikasi bahwa produk itu aman. Namun, jika penjualan masih 0 sebaiknya Anda cari produk yang lain.
Jadi hati-hatilah
dalam menentukan toko yang ingin Anda ajak transaksi. Jaminan uang
kembali memang ada, tapi jaminan konsumen puas?? Saya rasa belum.
Bagaimana menurut
Anda, silakan berkomentar...
Hehe..numpang share mas bro,artikelny bagus,jadi ikut emosi baca ny..trobosan yg mantap untuk mengamankan dunia belanja online
BalasHapus