-->

semua info tentang bisnis online, blog, software dan internet

Selasa, 03 November 2015

Bounce Rate: Trik SEO Yang Sering Dilupakan

Sebagai webmaster atau pemilik blog tentunya sudah menjadi tanggung jawab kita untuk memberikan yang terbaik bagi pengunjung kita. Bukan hanya sebuah artikel yang berkualitas, namun pengalaman pengunjung di blog kita juga menjadi faktor yang tidak bisa disepelekan. Maksudnya, walaupun blog kita sebenarnya menyjikan konten yang berkualitas namun karena banyaknya pop up, huruf terlalu kecil, loading page lama dan masih ada faktor yang mempengaruhi kenyamanan visitor blog.

Mengapa Harus Membuat Visitor Betah?

Sebenarnya analogi yang sederhana untuk menjawab pertanyaan di atas adalah seperti ini:
Ada 3 pihak dalam hal ini.
  • Google
  • webmaster (kita)
  • visitor (pengunjung)
Dan ada 2 faktor penting dalam hal ini:
  • VISIBILITAS: dalam hal ini adalah SEO, blog dengan SEO yang terbaik akan memiliki tinggkat visibilitas yang tinggi di mata Google. Dalam setiap kata kunci yang disebutkan blog ini akan dengan mudah terlihat di halaman pertama Google Search.
  • KUALITAS : kegunaan blog untuk pengunjung. Seberapa bergunanya blog itu untuk pengunjung akan dinilai Google dengan salah satu caranya adalah tingkat Bounce Rate.
    Bounce Rate adalah tingkat keluarnya pengunjung dari blog kita. Semakin tinggi bounce rate maka semakin buruk performa blog kita untuk pengunjung.
    Faktor yang mempengaruhi bounce rate:
    • banyaknya halaman yang dibuka setiap pengunjung (semakin banyak semakin baik)
    • lamanya waktu pengunjung berada diblog kita (semakin lama semakin baik)
      Jadi jika pengunjung kita kebanyakan hanya membuka 1 halaman dan setelah itu pergi, ini membuat bounce rate kita tinggi

ANALOGI Bounce Rate dalam SEO

pentingnya bounce rateNah analoginya, Google dapat melihat bounce rate blog kita. Dengan menurunkan bounce rate maka, Google akan melihat bahwa blog kita itu bermanfaat untuk pengunjung. Dan jika sudah demikian, Google tidak akan segan-segan untuk menaruh artikel Anda di halaman pertama pencarian. Walaupun mungkin secara SEO (visibilitas blog Anda di mata mesin pencari), artikel Anda masih kalah dengan pesaing, namun karena isi dari artikel Anda dinilai Google bermanfaat untuk pengunjung, Anda MENANG!!
Dalam hal ini KUALITAS mengalahkan VISIBILITAS. User Experience Beat SEO!!!

Bounce Rate Sering Dilupakan

Ya, sebagai webmaster memang perhatian utama adalah mencari pengunjung sebanyak-banyaknya dengan SEO. Hal ini jika menganut ulasan di atas, hanya memperhatikan masalah VISIBILITAS saja. “Yang penting masuk page one dulu” itu yang sering dikatakan para pelaku SEO.

Setelah masuk page one? What next??
Apakah Anda bisa menjamin bahwa artikel Anda akan selalu nangkring di halaman pertama terus?Jawabannya tentu saja TIDAK. Akan banyak pesaing SEO yang akan mengungguli Anda dengan posting yang lebih fresh dan lebih up to date.

pentingnya bounce rate
Dengan Bounce Rate yang rendah maka Google sebagai Raksasa search engine akan melihat blog Anda berguna untuk pengguna internet. Dan Google selalu memprioritaskan kepuasan pengguna internet. Maka, otomatis google pasti akan memprioritaskan artikel/website yang juga berguna untuk pengguna internet. Namun, banyak praktisi SEO yang kurang menyoroti hal ini, mereka hanya mementingkan VISIBILITAS dari pada KUALITAS. Jika SEO adalah Search Engine Optimation, maka BOUNCE RATE adalah Visitor Optimation.

Jika 1 visitor bisa di optimasi, misalnya 3 – 4 halaman per visit, maka jika sehari Anda mendapat 100 uv pageview akan menjadi 300-400/day. Selain itu, rasio klik akan meningkat. Faktor psikologis orang yang sudah berlama-lama dalam suatu situs akan lebih besar kesempatanya mengklik iklan daripada 10 orang namun masing-masing hanya beberapa detik.

Lalu mengapa bounce rate masih sering dianggap sebelah mata? Hal ini tidak lepas dari waktu proses dan efek. SEO mungkin akan mendongkrak trafik, namun bertahan lama atau tidak masih perlu diperhatikan. Dan sayangnya belum banyak praktisi SEO yang memperhatikan hal ini. Nah, bounce rate bisa menjadi salah satu jawaban untuk mempertahankan posisi di halaman satu google.

Cara Cek Bounce Rate???

Pertama Anda harus sudah punya akun Google Analytic. Daftar disini.
Jika Anda belum bisa, silakan googling saja sudah banyak blog yang menjelaskan cara tersebut lalu daftarkan blog kamu disana. 
Jika anda sudah punya akun, silakan login. Pada halaman awal saja parameter bounce rate sudah bisa dilihat. Lihat gambar dibawah:
cara cek bounce rate dengan cepat

Lantas berapa seharusnya batas bounce rate yang baik?
Bagaimana dan faktor apa saja yang bisa menurunkan bounce rate blog Anda?
Baca : 5 Cara Optimasi Bounce Rate Yang Bertahan Lama

Bounce Rate: Trik SEO Yang Sering Dilupakan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: D.Priyanto

0 komentar:

Posting Komentar