-->

semua info tentang bisnis online, blog, software dan internet

Kamis, 29 Oktober 2015

Gambar Produk Tidak Sesuai Dengan Barang Di Tokopedia

INTRO
Beberapa hari yang lalu saya membeli berniat membeli jaket dari Tokopedia, kemudian setelah saya browsing-browsing akhirnya saya menemukan 1 produk dari toko yang sudah terpercaya. Parameter saya menilai toko itu dan produk tersebut bagus adalah dengan melihat review, jumlah penjualan dan poin dari toko tersebut. Setelah saya yakin saya pun langsung melakukan transaksi.

EKSPEKTASI PEMBELI
Sebagai pembeli jual beli online tidak salah rasanya jika ekspektasi kita terhadap produk yang dikirim adalah sama persis dengan gambar yang dipajang di toko online tersebut. Baik itu dari segi material, model, warna, ukuran, detail dan sebagainya. Ibarat kita membeli baju di toko offline, saat kita melihat baju yang bagus dan berminat membelinya, kita bwaa baju tersebut ke kasir kemudian kita bayar, dan kita sudah menerima baju tersebut terbungkus kantong plastik. Saat sampai di rumah kita buka bungkusan, apakah mungkin jika ada perbedaan antara baju yang tadi kita lihat dengan baju yang kita terima? Apa ekspektasi kita akan baju yang terbungkus tadi? Pastilah ekspektasi kita adalah baju yang kita beli sama dengan baju yang tadi kita lihat saat memilih-pilih baju. Jadi, wajar rasanya jika kasus tersebut dianalogikan ke dalam kasus toko online. Pembeli akan selalu berekspektasi bahwa barang yang dikirim harus sama dengan gambar yang dipasang di toko.

Namun, beberapa penjual berbuat curang dengan memajang gambar yang lebih bagus hanya untuk menarik perhatian dan minat beli pengunjung. Dan ketika pengunjung akhirnya memutuskan untuk membeli dan kecewa denagn kualitas barang yang datang. Saat komplain atau memberikan review yang jelek kepada penjual, penjual dengan enteng menjawab “sesuaikan ekspektasi dengan harga”

HALOOO!!! Yah, kenapa penjual ga sesuaikan gambar dengan produk??

SARAN UNTUK TOKOPEDIA
Saya pernah mengajukan saran ke pihak Tokopedia, bagaimana jika semua penjual harus menampilkan foto produk sesuai dengan kondisi produk yang dijual sehingga tidak mengaburkan penilaian pembeli terhadap produk yang diminati.
Namun, kembali lagi Tokopedia hanya menjawab bahwa mereka sudah meminta penjual untuk menjelaskan deskripsi produk sedetail mungkin, namun masing-masing toko memiliki kebijakan tersendiri untuk mengelola toko mereka. Jika ada komplain silakan masuk ke Pusat Resolusi.

PESANAN SAYA
Pesanan sayapun akhirnya datang, model sama, warna agak berbeda, bahan jauh berbeda. Dan saya sungguh merasa kecewa dengan toko ini. Saya pun memberi review buruk kepada toko ini, dengan harapan bahwa nanti ornag ynag membaca review saya tidak lagi berminat membeli produk yang saya beli.
Lebih baik memberikan review yang jujur dari pada hanya akan menjerumuskan calon pembeli lain.

BUAT PARA PENJUAL/TOKO
Jika memang produk yang kalian jual tidak sebagus gambar yang kalian pajang,
“PLEASE NOTE IT!! BE GENTLE AND HONEST!!“
Dan jika ada review buruk dari pembeli, itu adalah bentuk kekecewaan mereka atas pelayanan Anda. Jadi, jangan marah jika ada yang memberikan review buruk kalo memang Anda merasa tidak jujur.

Mungkin Anda perlu membaca : Persaingan Toko Online Se Indonesia

HATI-HATI DESKRIPSI BARANG MENJEBAK
Bila Anda ingin membeli barang di Tokopedia, perhatikan deskripsi barang dengan sangat teliti, karena hal ini sering dimanfaatkan pembeli untuk mengambil keuntungan dari ketidaktelitian Anda.
Maksudnya, ada beberapa penjual yang membuat deskripsi semacam ini
BARANG YANG YANG SUDAH DIBELI TIDAK DAPAT DIKEMBALIKAN
TIDAK ADA GARANSI, NO KOMPLIAN, NO RETUR
JIKA ANDA MEMBELI DI TOKO KAMI BERARTI ANDA SUDAH MENYETUJUI PERSYARATAN DI ATAS
JIKA ANDA RAGU LEBIH BAIK TIDAK USAH BELI
GILAKAN???
Bagaimana mungkin ini disebut profesional? Dan yang lebih celaka lagi, bahwa Tokopedia juga merestui kata-kata tersebut. Artinya, jika calon pembeli membeli produk yang mencantumkan deskripsi seperti di atas maka, Tokopedia tidak akan menerima komplain dari pembeli.
Kesimpulannya:
JANGAN BELI PRODUK YANG MENCANTUMKAN DESKRIPSI NO RETUR,NO KOMPLAIN DAN SEBAGAINYA!!!

TIPS
Untuk terhindar dari kasus perbedaan produk dengan gambar:
  1. Lihat review
    Cari kontak orang yang memberikan review yang terlihat natural, jangan terlalu jelek jangan terlalu bagus. Kirim pesan pribadi ke orang tersebut, minta untuk mendeskripsikan barang yang dia terima dengan yang digambar apakah sama? Biasanya mereka akan dengan senang hati membatu Anda.
  2. Lihat histori toko
    Poin, reputasi dan lain-lain
  3. Lihat pesaing
    Jika semua pesaing produk yang sama memberikan harga yang tinggi dan hanya toko ini yang memberikan harga yang murah, maka Anda perlu waspada.
  4. Jumlah penjualan
    Dengan jumlah penjualan semakin banyak bisa menjadi salah satu indikasi bahwa produk itu aman. Namun, jika penjualan masih 0 sebaiknya Anda cari produk yang lain.

Jadi hati-hatilah dalam menentukan toko yang ingin Anda ajak transaksi. Jaminan uang kembali memang ada, tapi jaminan konsumen puas?? Saya rasa belum.
Bagaimana menurut Anda, silakan berkomentar...


Gambar Produk Tidak Sesuai Dengan Barang Di Tokopedia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: D.Priyanto

1 komentar:

  1. Hehe..numpang share mas bro,artikelny bagus,jadi ikut emosi baca ny..trobosan yg mantap untuk mengamankan dunia belanja online

    BalasHapus