-->

semua info tentang bisnis online, blog, software dan internet

Senin, 26 Oktober 2015

Ini Yang Membuat Earning Adsense Blogspot Macet

Bukafakta - Sebelumnya saya tegaskan dulu ini cuman buat newbie saja, buat guru/mastah/senior pastinya sudah pada tahu. Jadi, mohon dimaklumi ya.. Dan yang kedua artikel ini hanya untuk publisher adsense saja.


Beberapa bulan yang lalu (Agustus – Juli 2015) penguna blogspot dipusingkan dengan bergantinya domain blog mereka dari blogspot.com menjadi blogspot.co.id. Kenapa dan kapan tepatnya saya juga tidak tahu dan tidak mau tahu, karena kali ini saya tidak ingin membahas hal itu.

Perubahan ini ternyata menimbulkan efek samping bagi pertumbuhan penghasilan atau earning atau balance di adsense. Karena ternyata setelah saya amati penghasilan adsense blogspot saya tidak bertambah. Anda bisa lihat di Current Balance pada halaman profil adsense Anda, sedangkan click dan sebagai berjalan normal (tidak ada penurunan).

Awalnya saya berpikir mungkin ini disebabkan oleh invalid click. Namun setelah beberapa waktu balance saya tetap tidak bertambah. Hal ini membuat saya berinisiatif untuk mencari kenapa begitu???

Dan setelah otak-atik sana-sini saya menemukan artikel ini :

I'm seeing clicks with no earnings
There are a couple common reasons why you might see this.
  1. You're using the site authorization feature, and you haven't added all your sites to the authorized sites list. If you're using this feature, make sure that all your URLs are included in the authorized sites list. Learn more about authorized sites.
  2. You've displayed a CPM ad for which an advertiser paid less than 1 cent. Advertisers may pay as little as $0.50 for each 1000 impressions of an ad. With each impression worth $0.0005, you could receive up to 9 ad impressions for total revenue of $0.0045.
  3. You may have received some clicks that our monitoring system deemed invalid. As you may know, we monitor all clicks on Google ads for any activity that may artificially drive up an advertiser's costs or a publisher's earnings. Clicks that our system considers invalid will still appear in your reports. However, because our advertisers aren't charged for these clicks, we won't show the earnings for this activity. Learn more about invalid clicks.

Dari artikel di atas saya kemudian mencoba solusi no satu:
“ 1. Anda menggunakan fitur otorisasi situs tetapi Anda belum menambahkan semua situs Anda ke dalam daftar situs terotorisasi. Jika anda menggunakan fitur ini pastikan semua URL Anda (URL iklan) termasuk dalam daftar situs terotorisasi. Pelajari tentang situs terotorisasi

Dan inilah yang saya temukan:
  1. Masuk akun adsense Anda
  2. Klik tanda/gambar gear dipojok kanan atas di sebelah nama akun adsense
  3. Pilih “Setting”
  4. Perhatikan kolom di side bar kiri. Pilih “Site Management”
  5. Anda akan melihat 2 tab utama “Owned” dan “Unclaimed”
    Untuk kasus saya, ada 1 site unclaimed yang saya tidak tahu darimana datangnya. Dan ketika saya buka ternyata adalah ####.blogspot.co.id. Blogspot saya dengan domain .co.id. Itu membuat saya terkejut karena saya pikir bahwa perubahan itu akan otomatis tercover oleh google dan otomatis mengaitkan akun adsense saya ke .co.id, namun ternyata tidak.
    Note:
    Jika sampai tahap 5 Anda tidak menemukan hal yang sama dengan saya, maka saya mohon maaf karena posting ini hanya membahas masalah tersebut. Dan Anda tidak perlu melanjutkan langkah selanjutnya. Mungkin permasalahan Anda ada pada poin no 2 dan 3 artikel I'm seeing clicks with no earnings.
  6. Buka tab “Unclaimed” dan pilih situs Anda (centang).
  7. Klik tombol “Claim”
  8. Dan selesai, dalam daftar “owned” akan bertambah 1 situs lagi

Bagaimana? Gampangkan semoga Anda yang mengalami masalah seperti saya bisa terbantu dengan artikel ini.

Informasi tambahan :
Sebenarnya ada solusi untuk mengatasi perubahan domain dari .com ke .co.id. Dengan cara merubah html (template).
Caranya :
  1. Masuk ke blogger, pilih “Template”, klik tombol “Edit HTML”
  2. Cari kode </head> (biar mudah dengan Ctrl +F)
  3. Copy kode berikut ini:
<script type="text/javascript">var blog = document.location.hostname;var slug = document.location.pathname;var ctld = blog.substr(blog.lastIndexOf("."));if (ctld != ".com") {var ncr = "http://" + blog.substr(0, blog.indexOf("."));ncr += ".blogspot.com/ncr" + slug;window.location.replace(ncr); }</script>   
Sumber: forum ads.id
  1. Pastekan di atas kode </head> tadi
  2. Done!!!

Namun cara ini hanya me-redirect blogspot.co.id ke blogspot.com, untuk kaitanya dengan earning di Adsense saya belum memiliki kajian lebih lanjut.

Ini Yang Membuat Earning Adsense Blogspot Macet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: D.Priyanto

0 komentar:

Posting Komentar