semua info tentang bisnis online, blog, software dan internet

Jumat, 19 Februari 2016

AUTOBLOG: Baik Buruk dan Benar Salah?? ANDA?


APA ITU AUTOBLOG?

Anda pernah mendengar autoblog? Atau mungkin lebih terkenal di Indonesia dengan sebutan AGC (Auto Generate Content)? Ya, itu adalah blog yang bisa membuat posting sendiri secara otomatis sesuai dengan settingan yang kita inginkan.

Jadi pemilik autoblog tidak perlu repot-repot membuat posting, update setiap hari, membangun backlink dan hal-hal SEO lain yang mungkin memerlukan waktu yang lama. Dengan autoblog, seorang blogger hanya bekerja saat setting awal blog mereka saja dan mungkin membuat beberapa post manual di awal rilis blog mereka. Untuk selanjutnya tinggal diserahkan kepada program/software/pluggin untuk bekerja untuk mereka. 


Sebuah autoblog bisa memiliki ribuan bahkan puluhan ribu post tanpa effort dari webmasternya. Dan jangan kaget jika sebuah autoblog bisa mencapai UV 10K/day. Namun tentu saja tidak semua autoblog bisa sesukses itu, banyak faktor yang bisa mempengaruhi hal ini bisa dari pemilihan keyword, setingan posting dan tentu saja Google yang sangat tidak suka dengan yang namanya AUTOBLOG. Maka, banyak pemain autoblog yang meraih profit sebesar-besarnya sebelum blog mereka terkena deindex Google. Lalu mereka membuat lagi autoblog yang lain dan terus seperti itu. Istilahnya, untuk bermain autoblog memang sangat sulit bisa dalam jangka waktu yang lama untuk setiap autoblog. Namun, setiap autoblog yang yang sudah bisa profit bahkan hnaya dalam 3 bulan, sudah bisa memberikan profit yang tidak sedikit bagi mereka.

Itu sedikit gambaran kasar tentang apa itu autoblog dan bagaimana cara kerjanya. Nah, dengan kondisi seperti itu, tentu saja banyak pro dan kontra yang terjadi karena autoblog pada dasarnya adalah mengambil post orang lain untuk ditampilkan dalam blog mereka. Namun semua itu tinggal pilihan masing-masing, bahkan autoblog pun bisa menjadi blog yang bermanfaat bagi user.

Lalu apa keuntungan dan kerugian membuat autoblog?

Keuntungan:

Hemat tenaga dan waktu untuk menulis post

Hal ini menjadi kelebihan utama sebuah autoblog. Autoblog dapat membuat post secara otomatis sesuai dengan program yang kita buat. Misalnya: akan membuat 1 post setiap 2 hari, membuat post dengan keyword tertentu dan beberapa seting lain yang tentu saja akan menentukan baik buruknya autoblog yang kita buat

Potensi kebanjiran pengunjung tanpa SEO yang ribet

Memiliki banyak post dan sesuai dengan pencarian user tentu saja akan meningkatkan jumlah visitor blog kita.

Potensi profit yang besar dalam waktu yang singkat

Jumlah UV/day biasanya berbanding lurus dengan profit yang didapatkan. Dengan jumlah pengunjung semakin banyak maka potensi profit semakin besar dan monetize blog juga akan menjadi lebih mudah.

Merupakan metode set and forget

Autoblog bisa dibilang salah satu perwujudan metode set and forget yang nyata. Karena hanya dengan 1 kali setting di awal blog akan berjalan secara otomatis bahkan tanpa perawatan. Hal ini bisa menjadi realisasi untuk mendapatkan pasif income.


Kekurangan:

Potensi deindex Google

Google memang selalu mengedepankan user experience (pengalaman pengguna) dengan memerangi blog-blog yang hanya berisi duplikasi konten dan konten tidak bermanfaat. Autoblog sangat dekat dekat dengan yang namanya duplikasi konten, sehingga potensi deindex autoblog oleh Google memang sangat besar.

Tidak bisa dipasangi Adsense (SANGAT SULIT)

Dengan penilaian negatif dari Google masalah autoblog, maka tentu saja pemasangan iklan Adsense yang notabene adalah milik Google adalah hal yang hampir mustahil. Jangankan untuk dipasang Adsense, untuk bertahan dari deindex saja merupakan hal yang tidak mudah bagi sebuah auto blog.

Potensi dilaporkan oleh blogger lain ke DMCA Copyright

Selain dari Google, autoblog juga memiliki pandagan negatif dari blogger lain. Mereka merasa dirugikan dengan adanya autoblog yang mencuri konten mereka dan mungkin berpotensi juga mengurangi visitor mereka. Sehingga itu menjadikan modus bagi mereka untuk melaporkan autoblog sebagai pelanggaran copyright.

Pluggin yang dipakai relatif mahal

Dan kerugian autoblog yang lain adalah plugin yang digunakan untuk membuat autoblog cenderung mahal. Ada juga plugin gratis dari Wordpress namun tentu saja kinerja dan kemudahan pemakaiannnya tidak sebaik plugin yang berbayar. Namun memang hal ini belum terbukti, karena banyak juga pemain autoblog dengan plugin gratisan mampu mengungguli pengguna plugin berbayar. So, it’s depends on men behind the guns.

Nah, itulah sedikit pro dan kontra tentang autoblog atau blog AGC (Auto Generate Content). Semoga bermanfaat.

AUTOBLOG: Baik Buruk dan Benar Salah?? ANDA? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: D.Priyanto

0 komentar:

Posting Komentar