-->

semua info tentang bisnis online, blog, software dan internet

Minggu, 16 Desember 2012

Cara Transaksi Online yang Aman


Sekarang sudah banyak sekali modus transaksi online yang terpercaya, karena semakin banyaknya aktivitas jual beli secara online. Makin banyak juga orang yang dulu takut untuk melakukan transaksi online kini mulai memberanikan diri untuk melakukannya. Tidak heran jika sekarang media iklan secara online sudah mulai banyak peminat dan bisnis yang didukung dengan online marketing juga akan lebih berhasil.
Namun sayang dibalik kemajuan zaman yang memudahkan kita untuk melakukan hal-hal yang dulu repot menjadi sederhana terdapat oknum-oknum yang memanfaatkan hal ini. Dan korbannya pun tidak lain adalah mereka yang ketinggalan informasi seputar dunia online.
Anda masih bisa melakukan transaksi online yang aman dengan beberapa tips dari saya:
1. Jual beli barang/benda (HP, Laptop, Buku dan lain-lain) jika Anda tidak bisa COD (Cash On Delivery) atau pembayaran ditempat (Anda bertemu langsung dengan penjual) maka selalu gunakan Rekber (Rekening Bersama). Mekanismenya begini, Anda transfer uang pembelian ke Rekber, Rekber konfirmasi ke penjual jika sudah menerima uang agar penjual segera mengirim barang ke Anda, jika Anda sudah menerima barang, Anda konfirmasi ke Rekber bahwa barang sudah diterima. Lalu Rekber akan mentransfer uang pembayaran ke penjual. Selesai.
Rekber adalah penyedia jasa, dia seperti orang ketiga dalam transaksi. Untuk menggunakan fasilitas rekber Anda harus membayar fee yang cukup kecil. Siapa yang harus membayar tergantung kesepakatan Anda dengan penjual. Hati-hati dalam memilih rekber, pilih yang sudah terpercaya. Rekomendasi saya adalah Black Panda.

2. Jika penjual tidak mau dengan rekber. Anda cari penjual yang lain. Jika tidak ada yang cocok dan terpaksa harus tanpa rekber, Anda harus memastikan histori dari penjual harus bagus, misalnya dari komentar-komentar diposting/blog/iklanya. Tetapi hal ini juga belum menjamin karena bisa saja komentar yang tampil adalah dari akun bayangan penjual, maksudnya penjual memiliki beberapa akun dan mengomentari akunya yang lain.
Satu-satunya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengamati kegiatan penjual di dunia online, misal dalam kaskus.co.id jika dia sudah memiliki banyak iklan dan transaksi maka Anda bisa melanjutkan jika penjual adalah pendatang baru lebih baik urungkan niat Anda. Bukan barang yang Anda inginkan yang datang tapi uang melayang.

3. Jika yang Anda beli adalah balance/saldo Paypal/LR/AlertPay dan sebagainya. Anda juga harus berhati-hati dengan money changer lokal tidak semua bisa dipercaya. Rekomendasi saya adalah tukarduid.com.

4. Jika yang anda beli adalah ebook yang menawarkan janji yang tidak masuk akal, seperti tarik tunai dari ATM tanpa mengurangi saldo, 50 ribu dapat $50 sehari dan lain-lain. STOP dan istigfar. Karena tidak ada yang benar dari semua itu. Hehehe...

Demikian semoga dunia online semakin memasyarakat dan semakin aman.

Cara Transaksi Online yang Aman Rating: 4.5 Diposkan Oleh: D.Priyanto

0 komentar:

Posting Komentar