semua info tentang bisnis online, blog, software dan internet

Senin, 21 Maret 2016

3 Metode Riset Keyword Untuk Meningkatkan Traffic

Traffic merupakan suatu kebutuhan utama bagi kelangsungan hidup suatu website atau blog. Tanpa trafik, blog seperti tidak berguna atau bisa dibilang tidak eksis. Banyak sekali cara yang dipakai para blogger untuk meningkatkan trafik blog mereka namun tidak sedikit juga yang gagal dan akhirnya menyerah.
Di sini saya mencoba berfikir secara marketing, bukan SEO, link building atau sejenisnya. Maksudnya berfikir secara sederhana tanpa jauh-jauh ke teknis SEO dan sebagainya. Oke, mari kita lanjutkan ke pokok pembahasan.

Target Adalah Konsumen
Membuat blog itu seperti orang berjualan, kita harus mengetahui apa keinginan konsumen. Dengan demikian maka konsumen akan datang kepada kita.
“MENYEDIAKAN APA YANG DIBUTUHKAN PEMBELI”, Yap itulah prinsip dari segala prinsip marketing. Marketing yang sukses adalah mereka yang bisa memenuhi apa kebutuhan customernya. Anda setuju?
cara riset keyword

Kemudian mari kita analogikan ke sebuah blog, customer adalah pengunjung, produk adalah konten. Jika konten kita banyak dicari maka potensi jumlah pengunjung naik akan semakin besar. Untuk itu kita harus tau apa yang dibutuhkan para pengguna internet yang haus akan informasi itu dengan menyediakan informasi yang relevan dengan kebutuhan pengunjung tersebut.
Dalam hal ini, indikator utamanya adalah keyword (kata kunci). Namun pasti akan timbul pertanyaan bahwa beberapa keyword yang memiliki pencarian terbanyak pasti memiliki persaingan yang tinggi juga. Benar sekali! Maka dari itu dalam artikel ini kita akan membahas hal tersebut dengan lebih dalam.

Menurut saya metode pemilihan keyword ada 3 macam, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, tidak ada yang paling baik atau paling buruk, semua tergantung dengan kebutuhan masing-masing. Oke mari kita lihat satu per satu:

Metode Opportunis

Memilih keyword yang tinggi pencariannya” Dengan kondisi seperti itu, pasti akan ada permasalahan yaitu persaingan yang tinggi. Ibaratnya :
Anda ingin menangkap ikan yang besar, di kolam yang sudah ramai dengan pemancing” Kolam yang memiliki ikan besar pasti akan diburu oleh banyak pemancing karena hasilnya yang besar. Untuk mengatasi hal ini, biasanya mereka berlomba untuk mengedepankan keunikkan konten. Konten Is The King. Semakin baik dan relevan konten itu tidak peduli seberapa tinggi persaingannya, pasti akan bisa mengungguli konten lain yang standar.
Sehingga jika Anda memilih metode ini Anda perlu :
  • Memiliki konten unik, tidak plagiat dan belum pernah dibuat
  • Sesuai dengan keinginan pengunjung

Anda bisa membuat ini dengan memanfaatkan bagian komentar blog pesaing Anda. Biasanya di sana ada komentar yang mengkritik isi dari artikel, memberikan kekurangan dari artikel, Anda bisa merangkum komentar-komentar ini menjadi sebuah post yang lebih lengkap dibandingkan dengan pesaing Anda.

Metode Aman

Memilih keyword dengan pencarian rendah dengan harapan minim persaingan”. Dengan metode ini Anda tidak perlu memikirkan keunikan post terlalu dalam karena persaingan di sini tidak terlalu tinggi. Ibaratnya :
Anda memancing di tempat yang masih sepi pemancing walaupun di situ ikannya tidak terlalu besar” Ini bisa juga menjadi metode yang jitu, jika Anda rajin mengupdate post. Dalam metode ini satu-satunya kunci adalah kuantitas (jumlah). Hal ini karena post yang Anda buat tidak begitu diminati oleh pengunjung, namun jika ada pengunjung yang mencari informasi terkait dengan tema post Anda maka, dia akan dengan mudah menuju ke blog Anda.

Metode Smart

Memilih keywor dengan pencarian tinggi namun persaingan yang rendah” Ini adalah metode yang paling sulit, karena ini juga akan memberikan hasil yang paling signifikan di bandingkan dengan 2 metode di atas. Ibaratnya:
Anda akan menangkap ikan yang besar namun harus mencari kolam yang sepi pemancing” Yap metode ini memerlukan riset yang cukup panjang dan teliti. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Untuk metode ini Anda bisa menggunakan Google Adword Keyword Planner dan Google Search.
1. Buka Google Keyword Planner Login dengan akun gmail Anda
2. Masukkan kata kunci yang menurut Anda memiliki potensi pencarian tinggi (contoh “cara memilih keyword”)
3. Pada tab Keywords To Include masukkan keyword yang harus ada dalam pencarian. (dalam contoh kata yang saya masukkan adalah “keyword”, sehingga semua pencarian pasti mengandung kata “keyword”)
4. Sort berdasarkan tingkat pencarian. Anda sudah menemukan keyword dengan pencarian terbanyak. Yaitu “cara riset keyword” pencarian per bulan 590.



6. Lalu buka Google Search ketikan keyword dengan pencarian terbanyak
7. Lihat hasilnya “About 330000 result” artinya ada 330000 halaman yang sesuai dengan pencarian Anda. Hasil pencarian yang baik adalah di bawah 1 juta. (pencarian di atas 1 juta dianggap sudah terlalu sulit)

cara riset keyword

8. Jika Anda belum menemukan angka yang sesuai maka ulangi langkah di atas dengan mencoba keyword baru.


Demikian artikel 3 Metode Keyword Untuk Meningkatkan Traffic semoga berguna.

3 Metode Riset Keyword Untuk Meningkatkan Traffic Rating: 4.5 Diposkan Oleh: D.Priyanto

0 komentar:

Posting Komentar