Traffic merupakan
suatu kebutuhan utama bagi kelangsungan hidup suatu website atau blog.
Tanpa trafik, blog seperti tidak berguna atau bisa dibilang tidak
eksis. Banyak sekali cara yang dipakai para blogger untuk
meningkatkan trafik blog mereka namun tidak sedikit juga yang gagal
dan akhirnya menyerah.
Di sini saya mencoba
berfikir secara marketing, bukan SEO, link building atau sejenisnya.
Maksudnya berfikir secara sederhana tanpa jauh-jauh ke teknis SEO dan
sebagainya. Oke, mari kita lanjutkan ke pokok pembahasan.
Target Adalah
Konsumen
Membuat blog itu
seperti orang berjualan, kita harus mengetahui apa keinginan
konsumen. Dengan demikian maka konsumen akan datang kepada kita.
“MENYEDIAKAN APA
YANG DIBUTUHKAN PEMBELI”, Yap itulah prinsip dari segala prinsip
marketing. Marketing yang sukses adalah mereka yang bisa memenuhi apa
kebutuhan customernya. Anda setuju?
Kemudian mari kita
analogikan ke sebuah blog, customer adalah pengunjung, produk adalah
konten. Jika konten kita banyak dicari maka potensi jumlah pengunjung
naik akan semakin besar. Untuk itu kita harus tau apa yang dibutuhkan
para pengguna internet yang haus akan informasi itu dengan
menyediakan informasi yang relevan dengan kebutuhan pengunjung
tersebut.
Dalam hal ini, indikator utamanya adalah keyword (kata
kunci). Namun pasti akan timbul pertanyaan bahwa beberapa keyword
yang memiliki pencarian terbanyak pasti memiliki persaingan yang
tinggi juga. Benar sekali! Maka dari itu dalam artikel ini kita akan
membahas hal tersebut dengan lebih dalam.
Menurut saya metode
pemilihan keyword ada 3 macam, masing-masing memiliki kelebihan dan
kekurangan, tidak ada yang paling baik atau paling buruk, semua
tergantung dengan kebutuhan masing-masing. Oke mari kita lihat satu
per satu:
Metode Opportunis
“Memilih
keyword yang tinggi pencariannya” Dengan kondisi seperti itu,
pasti akan ada permasalahan yaitu persaingan yang tinggi. Ibaratnya :
“Anda ingin
menangkap ikan yang besar, di kolam yang sudah ramai dengan
pemancing” Kolam yang memiliki ikan besar pasti akan diburu
oleh banyak pemancing karena hasilnya yang besar. Untuk mengatasi hal
ini, biasanya mereka berlomba untuk mengedepankan keunikkan konten.
Konten Is The King. Semakin baik dan relevan konten itu tidak peduli
seberapa tinggi persaingannya, pasti akan bisa mengungguli konten
lain yang standar.
Sehingga jika Anda
memilih metode ini Anda perlu :
- Memiliki konten unik, tidak plagiat dan belum pernah dibuat
- Sesuai dengan keinginan pengunjung
Anda bisa membuat
ini dengan memanfaatkan bagian komentar blog pesaing Anda. Biasanya
di sana ada komentar yang mengkritik isi dari artikel, memberikan
kekurangan dari artikel, Anda bisa merangkum komentar-komentar ini
menjadi sebuah post yang lebih lengkap dibandingkan dengan pesaing
Anda.
Metode Aman
“Memilih keyword dengan pencarian
rendah dengan harapan minim persaingan”. Dengan
metode ini Anda tidak perlu memikirkan keunikan post terlalu dalam
karena persaingan di sini tidak terlalu tinggi. Ibaratnya :
“Anda memancing di tempat yang
masih sepi pemancing walaupun di situ ikannya tidak terlalu besar”
Ini bisa juga menjadi metode
yang jitu, jika Anda rajin mengupdate post. Dalam metode ini
satu-satunya kunci adalah kuantitas (jumlah). Hal ini karena post
yang Anda buat tidak begitu diminati oleh pengunjung, namun jika ada
pengunjung yang mencari informasi terkait dengan tema post Anda maka,
dia akan dengan mudah menuju ke blog Anda.
Metode Smart
“Memilih keywor dengan pencarian
tinggi namun persaingan yang rendah” Ini
adalah metode yang paling sulit, karena ini juga akan memberikan
hasil yang paling signifikan di bandingkan dengan 2 metode di atas.
Ibaratnya:
“Anda akan menangkap ikan yang
besar namun harus mencari kolam yang sepi pemancing” Yap
metode ini memerlukan riset yang cukup panjang dan teliti. Untuk
mendapatkan hasil yang maksimal.
Untuk
metode ini Anda bisa menggunakan Google Adword Keyword Planner dan
Google Search.
1. Buka
Google
Keyword Planner Login dengan akun gmail Anda
2. Masukkan kata kunci yang menurut Anda memiliki potensi pencarian tinggi (contoh “cara memilih keyword”)
3. Pada tab Keywords To Include masukkan keyword yang harus ada dalam pencarian. (dalam contoh kata yang saya masukkan adalah “keyword”, sehingga semua pencarian pasti mengandung kata “keyword”)
4. Sort berdasarkan tingkat pencarian. Anda sudah menemukan keyword dengan pencarian terbanyak. Yaitu “cara riset keyword” pencarian per bulan 590.
2. Masukkan kata kunci yang menurut Anda memiliki potensi pencarian tinggi (contoh “cara memilih keyword”)
3. Pada tab Keywords To Include masukkan keyword yang harus ada dalam pencarian. (dalam contoh kata yang saya masukkan adalah “keyword”, sehingga semua pencarian pasti mengandung kata “keyword”)
4. Sort berdasarkan tingkat pencarian. Anda sudah menemukan keyword dengan pencarian terbanyak. Yaitu “cara riset keyword” pencarian per bulan 590.
6. Lalu buka Google Search ketikan keyword dengan pencarian terbanyak
7. Lihat hasilnya “About 330000 result” artinya ada 330000 halaman yang sesuai dengan pencarian Anda. Hasil pencarian yang baik adalah di bawah 1 juta. (pencarian di atas 1 juta dianggap sudah terlalu sulit)
8. Jika Anda belum menemukan angka yang sesuai maka ulangi langkah di atas dengan mencoba keyword baru.
Demikian
artikel 3 Metode Keyword Untuk Meningkatkan Traffic semoga berguna.
0 komentar:
Posting Komentar